June 15, 2024
Rekomendasi Game Online Untuk Anak.| Unsplash,com

Rekomendasi Game Online Untuk Anak.| Unsplash,com

Bloomington Christian- Game online sudah tersedia dengan berbagai jenis permainan. Selain itu, kami pun dapat mengunduhnya dengan mudah. Adapun alur permainannya mengenai memasak, berkebun, memelihara hewan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak akan lebih enjoy saat bermain dengan hame tersebut.

Rekomendasi Game Online Kids

Ada beberapa rekomendasi permainan yang dapat membantu tumbuh kembangnya. Baik dari kreativitas, motorik, dan lain sebagainya. Selain itu, anak-akan pun dapat belajar hal-hal baru. Misalnya, jika memainkan game perkebunan, maka ia dapat mengenal nama buah, sayuran, dan lain sebagainya. Dalam game ini anak akan belajar cara mewarnai  beberapa objek.

1.      Cooking Mama: Let’s Cook!

Permainan ini cocok untuk mengedukasi anak-anak dalam menstimulasi cara memasak. Adapun permainan yang tersedia disini dalam bentuk Missed Ball, Candy Match, Match-Up, dan lain sebagainya.

2.      Doctor Kids

Selain bermain dokter-dokteran dalam dunia nyata, anak pun dapat bermaian jenis game yang sama dalam aplikasi permainan. Tidak hanya itu saja, Doctor Kids masuk ke dalam jajaran jenis game edukasi.

Hal ini karena nantinya anak akan belajar mengenai menulis, matematika, membaca, maupun melatih sang anak dalam pemecahan masalah yang dihadapinya.  Selain itu, game inipun akan membantu anak dalam perkembangan sosial emosional sampai dengan motoriknya.

3.      Minecraft

Jenis game ini termasuk ke dalam jajaran jenis permainan yang mendunia dan populer. Bahkan tidak hanya di kalangan anak-anak saja, tetapi para orang dewasa pun ikut meramaikan permainan ini. Minecraft tidak memiliki misi khusus seperti game pertempuran atau perang.

Sehingga kamu dapat menggunakannya dengan lebih leluasa dan santai. Dalam permainan ini, kamu dapat membangun sesuatu, seperti halnya kota, bangunan, dan lain sebagainya. Kabar baiknya, kamu dapat bermain di perangkat apapun selama spesifikasinya memadai. Baik itu laptop, PC, Tablet, atau Smartphone.

4.      Khan Academy Kids

Jenis aplikasi permainan online ini pun masuk ke  dalam jajaran game edukasi lainnya. Dalam permainan ini, kamu akan belajar mengenai bahasa, menulis, pemecahan masalah, dan lain sebagainya. Dimana hal tersebut akan sangat menguntungkan, tumbuh kembang dari si kecil.

5.      Block! Hexa Puzzle

Game ini merupakan salah satu permainan yang banyak anak memainkan dan aturan mainannya sendiri yaitu menempatkan potongan balok berwarna yang sesuai. Dengan perasaan ini, sang buah hati akan terlatih untuk mencari atau melakukan strategi dalam mencari solusi. Selain itu, permainan ini pun akan melatih anak untuk dapat berkonsentrasi terhadap kegiatan atau aktivitas yang ia lakukan.

Tips Supaya Anak Tidak Kecanduan Game

Main game memang memberikan manfaat untuk tumbuh kembangnya, tetapi disisi lain jika tidak terkontrol maka hanya membawa dampak yang kurang baik untuknya. Salah satu yaitu dapat menimbulkan gangguan penglihatan. Untuk menghindari hal tersebut, maka dapat melakukan beberapa cara.

1.      Menetapkan Batasan

Cara peratama yang dapat dilakukan adalah melakukan batasan waktu. Dengan begitu, anak hanya akan bermain pada jam-jam tertentu saja. Bisa juga dengan menetapkan durasi, misalnya boleh bermain game hanya 30 menit dalam sekali.

2.      Imbangi dengan kegiatan lain

Untuk mengalihkan fokus, ajaklah anak untuk melakukan aktivitas lain selain belajar akademik secara membosankan. Misalnya, belajar dengan menggunakan metode baru yaitu sambal bermain. Dapat juga menyertakan anak ke club atau komunitas dengan minat yang sama dengan kecenderungan buah hati. Seperti halnya renang, lukis, dan lain sebagainya.

3.      Hubungi Profesional

Apabila anak sudah kecanduan bahkan susah fokus ke hal lain selain bermain game, maka jangan ragu untuk menghubungi tenaga ahli untuk membantu anak lepas dari kecanduannya.

Rekomendasi game online yang bagus untuk anak yaitu Block! Hexa Puzzle, Khan Academy Kids, Minecraft, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, sebaiknya untuk tidak mengizinkan anak bermain game menjelang tidur. Hal ini dilakukan supaya anak terhindar dari kesulitan tidur saat malam hari.