June 15, 2024
Tips Belajar Bahasa Korea.| Unsplash.com

Tips Belajar Bahasa Korea.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Bahasa Korea menjadi salah satu langue yang paling banyak diminati oleh banyak orang, terutama anak muda. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh film, drama, maupun Kpop yang semakin menyebar ke berbagai negara.

Sehingga secara tidak langsung orang-orang tertarik untuk belajar bahasa mereka. Bahkan sudah ada beberapa perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia dan rata-rata mencantumkan syarat untuk mengisi beberapa posisi haruslah fasih berbahasa Korea.

Tips Belajar  Korea

Untuk fasih atau pun menguasai bahasa tersebut, sebenarnya kamu bisa mengambil kursus di area terdekatmu. Namun, mengikuti kursus pun ternate tidaklah cukup. Kamu haruslah tetap mengulik dan belajar secara mandiri. Sehingga pembelajaran di kursus dapat lebih maksimal. Selain itu, jika materinya terlalu sulit, coba lah untuk melakukan konsultasi dengan mentor.

1.      Belajar Hangeul atau huruf di rumah

Untuk menguasai bahasa resmi Korea ini, kamu perlu menguasai terlebih dahulu hangul. Dimana dengan mempelajarinya, maka kamu bisa lebih mudah dalam memahami kosa kata lainnya.  Selain itu, alfabet Korea tidaklah terlalu rumit. Jika dibandingkan dengan alfabet negara lainnya. Untuk hangeul sendiri terdiri dari 24 huruf dan terbagi menjadi dua bagian.

Diantaranya adalah 14 konsonan dan 10 vokal. Akan tetapi, jika kamu menambahkan 16 diftong dan konsonan ganda, maka jumlahnya menjadi 40 huruf. Adapun bentuk konsonannya sendiri didasari oleh bentuk yang diambil dari pengucapan saat dilafalkan oleh mulut. Sementara untuk bentuk vokalnya sendiri terdiri dari berbagai macam garis vertikal maupun garis horizontal.

2.      Mengembangkan kosa kata

Selanjutnya yaitu menambah hafalan kosa kata dan memahaminya. Stelah itu, cobalha kemabngkan satu kata dengan kata lainnya. Sehingga menjadi sebuah kalimat yang dapat mengandung pesan yang muda dimengerti. Misalnya, kamu memiliki targetan dalam sehari dua kosa kata sehingga dalam seminggu kamu mengetahui 14 kosa kata.

Lakukanlah hal tersebut berulang-ulang dan untuk memudahkan, mulailah mencarinya menggunakan benda-benda sekitar. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat memahaminya. Selain itu, bisa juga memulainya dengan menghitung angka dalam bahasa Korea. Misalnya, hana yang artinya satu, tool yang artinya dua, set artinya tiga, dan seterusnya.

3.      Mempelajari berbagai macam konglish atau kata pinjaman

Kata pinjaman merupakan kata serapan yang biasanya berasal dari bahasa asing. Biasanya kata serapan ini memiliki pengucapan yang hampir sama dengan bahasa aslinya. Misalnya, Selka yang dalam bahasa Inggris yaitu Selfie  Camera dan artinya foto sendiri.

Selain itu, ada pula Hompi yang dalam bahasa Inggris yaitu Homepage. Dengan mempelajari hal tersebut, kamu akan jadi lebih mudah mengenai berbagai kosa kata Korea.

4.      Membiasakan diri dengan penggunaan Bahasa Korea

Untuk membiasakan diri ini sendiri, kamu dapat memulainya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, penggunaan bahasa di pengaturan handphone diganti dengan Korea, berteman dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap bahasa resmi Korea ini, dan sebagainya.

Kamu pun bisa membiasakan untuk mengobrol menggunakan bahasa tersebut bersama kelompok belajar yang memiliki ketertarikan yang sama. Salah satu contoh kata dalam bahasa ini sendiri adalah berikut ini!

  • Tidak: Aniyo atau ani
  • Hallo: Annyeong

5.      Menonton film dan mendengarkan lagu korea

Kamu pun bisa menggunakan media lain dalam belajar yaitu menonton film maupun musik dari negara tersebut.  Untuk menghindari kebosanan dalam belajar, kamu dapat memilih film yang genre atau alurnya kamu senangi. Perhatikan pelafalan nya dan makna dari dialog maupun lirik lagu.

6.      Menggunakan aplikasi penerjemahan

Untuk memaksimalkan kemampuanmu, maka gunalahnlah berbagai macam aplikasi yang dapat membantumu untuk mewujudkan keinginan tersebut. Adapun aplikasi tersebut diantaranya adalah Duolingo, Hellotalk, Drops, Memrise, Eggbun, dan sebagainya.

Selain kursus, kamu pun dapat memaksimalkan proses belajar bahasa Korea dengan mempelajari Hangeul, mengemabngakn kosa kata, belajr melalui menonton film dan K-POP, dan sebagainya. Lakukanlah cara tersebut secara konsisten supaya kemampuanmu meningkat maksimal.