May 15, 2024
Arah mata angin.| Unsplash.com

Arah mata angin.| Unsplash.com

Bloomington Chiristian- Arah mata angin merupakan sebuah jalur dimana benda bergerak dan menjadi lokasi suatu fitur berdasarkan posisinya.  Arah ini sendiri didefinisikan sebagai arah universal dan diterima oleh masyarakat di dunia. Selain itu, fungsi dari arah ini sendiri yaitu untuk Kompas, peta, maupun alat bantu navigasi . dimana hal tersebut digunakan oleh seluruh negara yang ada di dunia.

Jenis Arah Mata Angin

Pada umumnya jenis jenis ini dapat dibedakan menjadi dua bagian. Yaitu arah kardinal yang masyarakat luas sebagai arah mata angin timur, selatan, barat, dan utara. Sementara yang kedua adalah ordinal atau dikenal dengan intercardinal. Dimana diantaranya adalah barat laut, timur laut, barat daya, dan  tenggara. Arah  ini sendiri dikenal pula dengan sebutan intercardinal sekunder.

Manfaat Arah Mata Angin

Arah mata angin ini sendiri memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Dari mulai memudahkan seseorang dalam menentukan  lokasi dan lain sebagainya. Untuk lebih jauh mengenai manfaatnya, simak ulasan berikut ini!

1.      Membuat peta menjadi lebih mudah

Keberadaan arah mata angin sendiri dapat membuat seorang kartografer atau pembuat peta menjadi lebih mudah dalam menggambar peta.  Dimana, nantinya para kartografer akan menempatkan arah timur di sebelah kanan dan arah utara pada arah atas.

Seperti yang kita ketahui, bahwa peta merupakan sebuah sarana untuk mencatat lokasi berbagai tempat berbeda.  Semnetara arah mata anginmerupakan sebuah dasar dari stuktur untuk menemukan berbagai tempat tersebut.  Meskipun begitu, pada abad pertengahan ditemukan arah timur pada bagian atas pada sebagian besar yang ada di peta Eropa.

2.      Sebagai penunjuk arah

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa arah mata angin sering dijadikan patokan untuk menemukan lokasi yang diinginkan, terutama saat tersesat. Misalnya, saat berada di tempat yang cenderung asing atau pertama kita datangi maka akan membuka peta.

Maka akan diarahkan untuk mengikuti rute-rute yang dilengkapi dengan arah mata angin. Sampai akhirnya sampai ke tempat yang ingin dituju.  Dengan begitu, sebenarnya dengan adanya arah ini, membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Bahkan hal tersebut tidak hanya dapat membantu diri sendiri saja, tetapi orang lain juga.

Contohnya saat ada orang yang menanyakan letak suatu tempat, maka akan lebih memberitahukannya dengan memberikan instruksi dengan arah mata angin. Seperti dari sini lurus, kemudian jika nanti menemukan pertigaan, ambil jalan yang ke Utara.

3.      Digunakan untuk navigasi pesawat

Untuk menentukan arah, pesawat dan kapal  menggunakan mata angin. Hal ini karena di udara maupun di laut tidak ada rambu-rambu lalu lintas untuk memadu arah.  Sehingga dengan adanya mata angin membantu pesawat maupun kapal dapat menentukan arah. Dengan begitu, kecelakan  maupun salah arah dapat dihindari

4.      Penentu Arah Kiblat

Mata angin juga dapat membantu seorang muslim menemukan kiblat. Dimana diketahui bahwa seorang muslim untuk melakukan ibadah lima waktu diharuskan menghadap ke kiblat.

5.      Dapat mendeteksi cuaca

Selain dapat memberikan  beberapa manfaat di atas, dengan mengetahui arah mata angin. Ternyata  mata angin juga dapat mendeteksi cuaca yang terjadi di sekitar kita. Misalnya, saat kamu keluar rumah dan melihat awan hitam ke arah barat. Maka hindarilah arah tersebut karena kemungkinan besar di area tersebut terjadinya hujan.

Arah mata angin memiliki beberapa jenis yaitu arah kardinal dan intercardinal. Selain itu terdapat beberapa macam manfaat yang didapatkan dengan adanya mata angin. Kamu juga dapat membaca informasi lainnya melalui ICRP Online dan temukan artikel yang dibutuhkan.