June 13, 2024
Peraw.| Unsplash.comat home care

Peraw.| Unsplash.comat home care

Bloomingtoon Christian- Perawat home care memiliki tanggung jawab untuk merawat pasiennya sehingga mendapatkan pandangan kesehatan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan. Terutama untuk membantu merawat seseorang dirumah dan membutuhkan orang yang paham akan penanganan medis.

Tugas Perawat Home Care

Perawatan pasien memang biasanya dilakukan di rumah sakit, tetapi ada pula yang menginginkan untuk dirawat di rumah saja. Seperti orang yang baru melahirkan, lansia dengan kebutuhan perawatan medis, dan lain sebagainya.  Selain itu, mereka haruslah lulusan dari background pendidikan yang sejalur dan memiliki STR aktif. Lalu apa sebenarnya tugas dari perawat ini? simak ulasan berikut ini!

1.      Merawat sesuai dengan standar yang berlaku

Seorang perawat yang bertugas memiliki tanggung jawab untuk membantu para clientnya sesuai dengan prosedur maupun standar yang berlaku. Adapun secara umum, tugasnya adalah memberikan kebutuhan kepada pasien sesuai dengan kebutuhannya. Seperti halnya memberikan asupan gizi yang seimbang, nutrisi yang baik, memberikan obat, membatu memandikannya, dan mencuci rambutnya.

Tidak hanya itu saja, perawat pun perlu mampu untuk memasak pasien klien. Namun, hal tersebut bisa saja setiap pasien berbeda-beda. Tergantung dari kebutuhan maupun kesepakatan dari kedua belah pihak menantunya.

2.      Mengatur jadwal

Seorang perawat home care pun perlu memiliki kemampuan dalam management. Hal ini karena nantinya, bertugas untuk mengatur jadwal pasien. Baik untuk control dengan dokter yang bertanggung jawab atau pun untuk melakukan rutinitas sehari-hari.

Seperti halnya jadwal makan, terapi, sampai dengan minum obat. Hal itu akan bertahan jika individu yang bertugas tidak memiliki kemampuan dalam organisasi yang baik.

3.      Mampu bekerjasama

Seorang perawat yang ditugaskan di rumah pun perlu memiliki kemampuan dalam menyusun strategi atau rencana dengan pihak kedua. Jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu dan membutuhkan penangan khusus.

Misalnya, sebelum merawat pasien dengan penyakit kronis, perawat perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani pasien tersebut. Dengan begitu, pelayanan yang diberikan dapat dilakukan dengan tepat.

4.      Memastikan perawatan sesuai dengan anjuran dokter

Seorang perawat home care pun perlu memastikan bahwa perawatan yang diberikan kepada pasien itu sesuai dengan anjuran dokter maupun tim kesehatan lainnya. Seperti dalam menangani pasien lansia yang memiliki gangguan stroke. Baik menyakut makanan, terapi, dan lain sebagainya.

5.      Melakukan pemantauan

Perawat yang melakukan tugas merawat pasien di rumah juga memiliki tugas untuk memantau kondisi pasien dengan detail. Dari mulai  detak nadi, kadar gula darh, pernapasan, dan lain sebaginya. Sehingga jika ada yang salah atau masalah dalam tubuh pasien, dapat langsung ditangani dengan sigap dan tepat.

6.      Memberikan laporan kepada pihak terkait

Selain melakukan pemantaun, seorang perawat pun memiliki kewajiban untuk melakukan laporan kepada dokter yang bertanggung jawab kepada pasien. Sehingga dokter dapat mengetahui perkembangan pasien itu seperti apa.

Tentu hal tersebut pun diberitahukan kepada anggota keluarga pasien yang dirawat. Dimana laporan perkemabnag atau maslah yang terjadi pada pasien disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh awam. Dengan begitu, informasi akan mudah diterima dan menghindari kesalahpahaman.

Tugas dari perawat home care tergolong lebih spesifik sehingga pasien dapat diperhatikan dengan baik karena menerima pelayanan khusus . Adapun diantaranya adalah mampu melakukan perawatan sesuai dengan standar yang berlaku, mengatur jadwal pasien, memberikan laporan kepada pihak terkait, dan sebagainya.