June 14, 2024
konsultasi dokter

Kemajuan di bidang teknologi memang bisa membuat semua hal dapat diakses secara online, termasuk juga konsultasi dokter secara online. Hal tersebut pastinya membawa manfaat tersendiri. Sebab, masyarakat lebih mudah untuk mengetahui kondisi kesehatan secara online tanpa harus berkunjung langsung ke klinik, puskesmas, atau rumah sakit.

Konsultasi dokter secara online ini biasanya dilakukan saat seseorang merasakan berbagai keluhan kesehatan yang masih tergolong ringan. Walaupun konsultasi online ini tidak dapat menggantikan konsultasi secara langsung, namun jenis konsultasi ini dapat membantu memberikan sebuah gambaran sementara mengenai penyakit yang mungkin saja Anda alami.

Hal-hal yang Umumnya Ditangani oleh Dokter Secara Online

Dengan adanya layanan ini, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online kapan saja ketika mengalami keluhan kesehatan. Disini Anda tidak hanya bisa berkonsultasi dengan dokter umum saja, tapi juga bisa berkonsultasi pada dokter spesialis.

Di dalam konsultasi dokter online, biasanya dokter akan bertanya terkait dengan keluhan yang dialami dan riwayat kesehatan Anda. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menyertakan foto terkait keluhan tersebut untuk memberikan detail gambaran yang lebih jelas. Misalnya saja mata merah, Anda dapat menyertakan foto mata merah ketika konsultasi.

Kemudian apabila Anda sedang mengonsumsi suatu obat ataupun mengalami alergi tertentu, maka jangan lupa untuk memberitahu dokter saat sedang berkonsultasi. Dengan demikian, dokter akan lebih mudah untuk mendiagnosis penyakit yang mungkin saja Anda derita.

Tak hanya itu saja, apabila Anda menderita penyakit yang tergolong parah atau kronis namun tidak ada keluhan yang Anda rasakan, maka konsultasi dokter ini juga dapat Anda gunakan untuk memantau kondisi kesehatan Anda. 

Sehingga Anda tidak harus berkonsultasi kepada dokter secara langsung guna pemeriksaan rutin. Kecuali jika Anda mengalami kondisi yang darurat dan dokter menyarankan untuk memeriksanya secara langsung.

Dengan konsultasi dokter secara daring ini, maka diharapkan bisa lebih menekan penyebaran virus dan penyakit. Apabila banyak orang lebih memanfaatkan konsultasi online, maka secara otomatis jumlah orang yang berkunjung ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit akan lebih berkurang. Dengan demikian, risiko untuk tertular dan juga menularkan virus dan penyakit akan semakin rendah.Demikian penjelasan mengenai apa itu konsultasi dokter secara online dan beberapa manfaatnya.