June 13, 2024
cumlaude

Sebagai seorang mahasiswa di perguruan tinggi, tentunya kamu ingin segera lulus dengan normal dan mendapat nilai terbaik. Nah, pada semua perguruan tinggi yang ada, lulusan terbaik mendapat gelar cumlaude. Namun cumlaude ada bermacam jenisnya. Yuk simak perbedaan cumlaude, magna cumlaude dan summa cumlaude ini.

Pengertian Cumlaude

Cumlaude sendiri diambil dari bahasa latin yang artinya pujian. Jadi, jika seorang mahasiswa lulus dengan peringkat cumlaude, artinya ia lulus dari sebuah universitas dengan gelar pujian.

Gelar pujian atau cumlaude ini tentunya memiliki perbedaan-perbedaan tergantung dari universitas mana yang kamu masuki. Perbedaan tersebut terdiri dari standar, dan rata-rata nilai mahasiswa kebanyakan yang lulus dari universitas atau jurusan tersebut.

Normalnya, seseorang dapat menyandang lulusan universitas dengan gelar cumlaude ini adalah mahasiswa yang memiliki tingkat IPK (Indeks Prestasi Keseluruhan) yang tinggi. Nilai IPK tersebut dihitung dari semester awal sampai semester akhir ia belajar.

Mengapa Gelar Cumlaude Diincar Oleh Mahasiswa?

Sebelum masuk ke perbedaan cumlaude, magna cumlaude dan summa cumlaude, kamu harus tahu terlebih dahulu sebenarnya apa yang akan didapat seorang mahasiswa jika ia mendapat gelar cumlaude.

1. Daya Tarik Perusahaan Terhadapmu

Seseorang pada normalnya ingin cepat bekerja setelah ia lulus dari universitas dan jurusan tertentu, bukan? Nah, dengan mendapatkan gelar lulusan terbaik (cumlaude) kamu akan memperbanyak kesempatan kerja.

2. Daftar Kerja Melewati Jalur Khusus

Tidak sedikit perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk mahasiswa yang lolos dengan jalur pujian. Ada beberapa perusahaan yang membuka jalur khusus untuk para mahasiswa cumlaude seperti tidak melewati tahap seleksi dan langsung wawancara.

3. Beasiswa Akan Mudah

Untuk kamu yang berencana untuk lanjut mengambil S2 setelah menyelesaikan program studi S1, kamu juga akan mendapatkan kemudahan dengan gelar cumlaude yang kamu miliki.

Kemudahannya adalah kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapat beasiswa S2 daripada mahasiswa yang lulus dengan normal. Hal ini karena kamu dianggap lebih pintar dan cakap untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Perbedaan Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Summa Cumlaude

Setelah mendengar penjelasan dan manfaat gelar cumlaude, saatnya kamu mengetahui perbedaan cumlaude, magna cumlaude dan summa cumlaude yang dapat kamu incar semasa kuliah.

Ketiganya sama-sama bagian dari cumlaude dan pemegang gelar tersebut tetap dianggap sebagai mahasiswa yang lolos dengan pujian. Lalu, apakah hanya itu?

1. Cumlaude

Gelar pertama ini adalah gelar yang dapat diincar oleh seorang mahasiswa dengan tingkatan yang paling mudah. Cumlaude artinya “With Praise” jadi walaupun mendapat gelar cumlaude sudah susah, namun gelar yang pertama ini memiliki ketetapan IPK sebesar 3,5 sampai 3,7.

2. Magna Cumlaude

Gelar cumlaude kedua adalah magna cumlaude yang tingkatannya lebih tinggi dari gelar cumlaude biasa saja. Magna Cumlaude artinya “With Great and Praise”. Seseorang mahasiswa yang menyandang gelar magna cumlaude haruslah memiliki IPK sebesar 3,8 sampai 3,9.

3. Summa Cumlaude

Nah, untuk gelar cumlaude terakhir, adalah gelar kehormatan yang tertinggi yang dapat dimiliki seorang mahasiswa. Summa Cumlaude memiliki arti “With Highest Praise” yang artinya mahasiswa tersebut memiliki IPK hampir sempurna yaitu sebesar 3,9 keatas bahkan sampai 4,0.

Siap Untuk Mengincar Gelar Kehormatan Ini?

Itulah perbedaan cumlaude, magna cumlaude, dan summa cumlaude yang dapat kamu ketahui dan kamu incar selama masa perkuliahanmu. Semoga membantu!

Temukan kami di Google News juga ya!