June 14, 2024
barang tambang

Indonesia termasuk negara dengan hasil tambang yang begitu beragam. Kekayaan alam yang patut disyukuri dengan cara pengelolaan yang baik dan tepat guna. Ada berbagai macam barang tambang yang dapat dijumpai. Mulai dari batubara, emas, minyak bumi, nikel, gas alam, hingga tembaga. Masing-masing memiliki manfaat yang berguna bagi keberlangsungan kehidupan manusia di dunia.

Perlu proses yang tidak mudah untuk mendapatkan hasil tambang. Proses penggalian tanah dilakukan demi tambang yang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Setelah diperoleh, hasil tambang pun masih perlu melalui tahapan penelitian, hingga akhirnya dapat dimanfaatkan lebih lanjut.

Hasil-hasil Tambang yang Memiliki Potensi Tinggi di Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Indonesia memiliki berbagai macam hasil tambang. Berikut ini barang tambang dan manfaatnya untuk Anda ketahui lebih lanjut:

Batubara

Hasil tambang satu ini merupakan batuan sedimen dengan sifat mudah terbakar. Proses pembentukannya berasal dari sisa-sisa tumbuhan dengan proses pengawetan yang bervariasi. Unsur-unsur yang terdapat pada batubara antara lain oksigen, nitrogen, karbon, da hidrogen.

Manfaat batubara dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti briket. Hasil tambang ini juga dimanfaatkan untuk suplai PLTU. Beberapa negara di dunia seperti Jepang dan Australia juga sudah memanfaatkan batubara sebagai sumber pembangkit tenaga listrik.

Emas

Logam yang mudah ditempa dan memiliki sifat lunak adalah emas. Proses pembentukan emas berasal dari magmatisme. Kadar perhiasan barang tambang ini umumnya 24 karat. Namun, ada juga 22 karat, 21 karat, hingga 9 karat. Istilah karat sendiri untuk mengukur tingkat kemurnian dari emas.

Manfaat emas tentu saja yang paling umum dikenal adalah sebagai perhiasan. Selain itu, emas juga dimanfaatkan untuk alat pembayaran atau mata uang. Beberapa komponen mesin pun juga ada yang dilapisi emas sebagai logam anti karat dan bersifat konduktor.

Baca juga : https://clipperton2008.org/2022/04/05/daftar-perusahaan-tambang-di-indonesia/

Minyak Bumi

Hasil tambang minyak bumi berasal dari endapan hidrokarbon dan bahan-bahan organik lain yang terbentuk secara alami. Proses pembentukannya pun sangat lama. Contoh barang tambang hasil penyulingan minyak mentah dari minyak bumi akan menghasilkan solar, bensin, maipun petrokimia yang lain.

Manfaat minyak bumi ada berbagai macam seperti untuk bahan utama pembuatan aspal, pipa, cat pada bidang konstruksi. Kemudian dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan, baik untuk transportasi darat, transportasi laut, maupun transportasi udara. Komponen minyak bumi juga dapat menghasilkan serat yang dimanfaatkan untuk produksi bahan pakaian.

Nikel

Logam putih keperakan yang sudah biasa Anda lihat adalah nikel. Endapan nikel laterit akan membentuk bijih nikel karena adanya pelapukan dari batuan ultramafik. Tambang satu ini juga mulai disorot sebagai komponen penting kendaraan listrik di Indonesia.Manfaat nikel dalam kehidupan rumah tangga sebagai bahan campuran stainless steel untuk mencegah korosi. Selain itu, nikel yang dicampur dengan jenis jenis barang tambang seperti besi baja bermanfaat untuk membuat besi baja menjadi tidak mudah korosi dan lebih keras. Sebagai campuran bahan bangunan, nikel sudah terbukti berkualitas tinggi. Salah satu perusahaan tambang nikel adalah Citra Lampia Mandiri

Gas Alam

Pemasok energi dunia adalah gas alam. Bahan bakar ini terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan, hewan, maupun mikroorganisme yang sudah terkubur selama berjuta-juta tahun lamanya. Tambang gas alam termasuk sumber energi paling bersih, bermanfaat, dan aman untuk digunakan.

Manfaat gas alam tentu saja sebagai bahan baku cat, pupuk, dry ice untuk pengawetan makanan, dan lain-lain. Gas alam juga bermanfaat untuk PLTU maupun PLTG. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk kebutuhan hotel, restoran, maupun rumah tangga.

Tembaga

Hasil tambang bernama tembaga termasuk konduktor panas yang baik. Sifat dari tembaga murni sendiri lunas dan halus. Tembaga yang dicampurkan logam lain seperti timah akan menghasilkan logam perunggu. 

Manfaat tembaga tentu saja sebagai konduktor. Tembaga juga dijadikan bahan dasar untuk pembuatan aluminium pada industri-industri pengemasan. Tidak hanya itu, tembaga juga bermanfaat untuk bahan baku teralis, balkon, maupun pagar rumah.

Itulah keenam barang tambang yang ada di Indonesia dengan beragam manfaatnya. Sungguh luar biasa keberadaan dari hasil-hasil tambang tersebut. Sebab dapat mendukung berbagai kegiatan dan sektor, baik kebutuhan sehari-hari, bidang konstruksi atau bahan bangunan, maupun industri. 

Sumber Referensi : https://www.clmmining.com

Temukan kami di Google News juga ya!