June 15, 2024
Wisata Kuliner.| Unsplash.com

Wisata Kuliner.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Wisata kuliner memiliki daya tarik tersendiri, terlebih setiap daerah memiliki ciri khas nya sendiri. Baik itu meliputi rasa, warna, tekstur, dan lain sebagainnya. Sehingga tidak heran, banyak orang yang berlibur tidak akan melewati untuk menikmati sajian khas daerah tersebut.

Rekomendasi Wisata Kuliner Terkenal yang Ada Di Indonesia

Jika kamu pecinta kuliner, maka  beberapa wisata yang ada di Indonesia ini wajib kamu untuk kunjungi. Terutama apabila kamu yang memiliki niatan untuk berlibur dalam waktu dekat ini. Untuk lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini dulu yuk!

1.       Wisata Kuliner Terkenal : Galabo

Destinasi satu ini berada di daerah Solo, lebih tepatnya di jl Mayor Sunaryo. Selain itu, tempat inipun baru diresmikan sekitar tahun 2008. Adapun untuk hidangan legendaris yang dapat kamu nikmati yaitu Tengkleng Klewer Bu Ediyem, Sate Kere Yu Rebi, dan Rawon Penjara. Dimana rasanya sendiri terkenal khas dengan cita rasa yang enak.

2.      Simpang Lima

Wisata kuliner selanjutnya berada di daerah Semarang dan seperti halnya namanya, destinasi ini pun berada di lokasi yang bernama jalan Simpang Lima. Saat kamu berkunjung kesini, banyak jenis makanan yang dapat dicoba. Dari mulai kedai seafood Pak Jari, Nasi Ayam Bu Sami, nasi pecel, Tahu Petis Prasojo khas daerah Semarang, dan lain sebagainya.

3.      Jalan Cibadak

Apabila kamu sedang berkunjung atau pun berlibur ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke daerah jalan Cibadak. Disana terdapat berbagai macam toko yang bisa dijumpai, termasuk beragam kuliner yang lezat. Adapun yang dapat kamu nikmati salah satunya yaitu Ronde Jahe Alkateri yang telah ada sekitar tahun 1980.

Sehingga tidak heran, apabila menjadi kedai terkenal yang ada di Kota Kemabang . Tidak hanya itu saja, kamu pun dapat menikmati siomay, es cendol, bakso ikan goreng, bakso tahu, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik untuk menikmati makanan khas Sunda disini pun banyak. 

4.      Gang Lombok

Lokasi dari tempat kuliner ini berdekatan dengan Klenteng Tay Kak Sie, Semarang. Adapun hidangan yang dapat kamu nikmati disini yaitu lumpia legendaris yang lebih dikenal dengan nama lumpia Gang Lombok. Selain itu, ada pula Wedag Tahun dengan citarasa yang unik dan es Gang Lombok yang terasa segar.

5.      Alun-Alun Yogyakarta

Kota Yogyakarta memang terkenal dengan ebrai macam wisata yang indah dan terjangkau. Tentu, destinasi kuliner ini sendiri tidak terlewatkan dari perhatian para pengunjung. Salah satu makanan yang menarik perhatian yaitu Soto Lenthok Pak Man yang terkenal dengan ketelanya yang cenderung khas.

Selain itu, ada pula berbagai cemilan yang bisa kamu makan bersama dengan teman ataupun keluarga sambil menikmati keindahan kota.  Dimana cemilan yang masuk ke dalam jajaran terkenal tersebut bernama Cilok Gajahan yang berbahan dasar daging sapi dengan tekstur lembut.

6.      Alun-alun Malang

 Tidak hanya alun-alun yang berada di daerah Yogyakarta saja Malang pun ternyata memiliki tempat kuliner yang enak di sekitaran alun-alun kota.  Disini kamu dapat mengunjungi Toko Oen yang telah lama berdiri karena sudah ada sejak tahun 1930. Adapun sajian yang dapat kamu nikmati yaitu susu sapi murni yang dikemas menggunakan botol kaca.

7.      Pantai Losari

Selain menjadi wisata dengan pemandangan indah, destinasi ini pun memiliki tempat kuliner yang terkenal dengan cita rasanya. Adapun salah satunya itu Pisang Epe yang berbahan dari pisang kepok bakar.

 Setelah dibakar, buah tersebut akan disiram dengan gula merah. Sehingga menyajikan makanan yang manis, segar, dan gurih. Selain itu, ada pula Coto yang merupakan makanan khas kota ini. Dimana hidangan ini merupakan gabungan dari jeroan sapi, ketupat, dengan kaldu yang lembut.

Wisata kuliner terkenal yang ada di Indonesia diantaranya adalah Pantai Losari, Galabo, Simpang Lima, Jalan Cibadak, Alun-Alun Yogyakarta dan Malang, serta Gang Lombok. Setiap tempat tersebut memiliki daya tariknya tersendiri dengan cita rasa yang lezat.