July 26, 2024
Kuliner Semarang.| Unsplash.com

Kuliner Semarang.| Unsplash.com

Bloomingtoon Christian- Wisata kuliner Semarang merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan jika mengunjungi kota ini. Pasalnya sebagai kota terbesar di Jawa Tengah, Semarang memiliki berbagai macam kuliner khas yang mungkin tidak bisa kamu temukan di kota lain. Meskipun ada tetapi olahan dan rasanya pasti berbeda.

Kuliner Semarang

Pada tahun 2015 Kementerian Pariwisata menetapkan Semarang sebagai pilihan wisata kuliner unggulan nusantara. Dimana dalam hal ini tentu bisa menjadi bukti bahwa Semarang memiliki beragam kuliner khas yang tidak perlu diragukan.

1. Soto Bangkong

Soto termasuk salah-satu kuliner khas nusantara yang dapat kamu temui di berbagai daerah, khususnya Pulau Jawa. Contohnya Soto Lamongan, Madura, dan Betawi, tidak terkecuali Semarang yang juga memiliki “Soto Bangkong” sebagai hidangan khasnya. Soto khas Semarang ini berbahan dasar daging ayam yang branding namanya terinspirasi dari nama lokasi jalan dimana tempat warung itu berada.

Jalan Bangkong yang sekarang menjadi Jl.Brigjen Katamso karena konon katanya dulu perempatan lokasi banyak kodok. Sehingga banyak pelanggan dari soto khas Semarang yang menyebutnya dengan Soto Bangkong. Ciri khas soto Semarang terletak pada kuah bening berwarna kecoklatan yang berasal dari kecap manis asli produksi pemilik warung dan daging ayam kampung.

Ditambah topping yang khas seperti, bihun, potongan tomat, tauge dan bawang goreng. Apabila kamu ingin mencoba menu lain di kedai Soto Bangkong, ada hidangan lainnya yang dapat menjadi pilihanmu seperti garang asem dan ayam goreng rempah.

2. Kue Leker

Kue Leker Paimo merupakan salah satu kuliner khas daerah, untuk lokasinya sendiri berada di depan SMA Kolese Loyola, tepatnya di Jl.Karang Anyar No 37-Brumbungan. Kue Leker dapat kamu temui di gerobak dengan tenda kaki lima dan bangku-bangku di jalan tersebut. Namun, jika ingin mencoba kuliner Kue Leker kamu harus siap antri yang cukup panjang dengan pilihan menu cukup bervariasi.

Diantaranya Kue Leker bertopping manis dan asin. Adapun beberapa menu favorit pembeli di Kue Leker adalah telur sosis keju yang harganya sekitar Rp20.000, jagung coklat keju Rp8.000, dan pisang coklat keju Rp4.000.

3. Pisang Plenet Gajah Mada

Pisang Plenet Gajah Mada adalah pilihan kuliner khas Semarang selanjutnya yang berbahan dasar Banana. Nama pisang “Plenet” ini diambil dari bentuknya yang pendek atau pipih sesuai maknanya dalam bahasa Jawa. Menariknya, proses kuliner pisang plenet tidak digoreng melainkan dibakar di atas bara api hingga layu dan berwarna kecoklatan.

Kemudian pisang tersebut akan dipenyek di atas talenan dan diolesi dengan margarin bertabur topping sesuai pesanan. Topping yang dapat kamu pilih meliputi meses, selai nanas, gula putih, dan kacang. Setelah itu, pisang yang telah ditaburi topping akan ditumpuk sehingga berbentuk menyerupai sandwich.

Harga dari satu porsi pisang plenet bisa kamu beli sekitar Rp6.000 yang dapat ditemukan sekitar kawasan Jalan Gajah Mada. Tempat pisang plenet biasanya buka saat sore hari di mulai pukul 15:00 yang mana cocok menjadi cemilan untuk menemani waktu santai sore kamu di Semarang.

Mencicipi ketiga kuliner Semarang seperti Soto Bangkong, Kue Leker, dan Pisang Plenet tentu bisa kamu dapatkan jika sedang berkunjung ke sana. Dengan kekhasan kuliner yang akan menjadi kenangan kamu dalam menambah kenikmatan rasa dan olahan dari suatu makanan. Jadi, jangan lupa mencobanya ya!