June 14, 2024
Manfaat gunakan jasa perawat lansia.|Unsplash.com

Manfaat gunakan jasa perawat lansia.|Unsplash.com

Bloomington Christian- Perawat lansia dapat membantumu dalam merawat dan menjaga lansia dengan baik. Hal ini karena seiring bertambahnya umur seseorang, maka kebutuhannya pun bertambah. Bahkan terkadang rentan terkena berbagai penyakit. Sehingga membutuhkan orang yang memahami kesehatan dan kebutuhan dengan tepat.

Manfaat Menggunakan Jasa Perawat Lansia’

Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh kamu maupun lansia. Selain meringankan tanggung jawab yang diemban, juga dapat membantu lansia terpenuhi kebutuhannya. Baik itu fisik maupun psikologis. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan benefit dalam menggunakan layanan perawat lansia!

1.      Perawat yang profesional

Saat kamu meminta bantuan ke agensi atau ke rumah sakit untuk merawat lansia, maka mereka akan memberikan tenaga profesional. Dimana kemampuannya sudah teruji karena berasal dari background pendidikan medis, mendapatkan pelatihan mengenai merawat lansia, bahkan memiliki STR. Dengan begitu, pelayanan maupun cara perawatan yang dilakukan pun pasti akan hati-hati dan memenuhi kode etik dalam pelayanan.

Sehingga tidak perlu terlalu khawatir mengenai kondisi kesehatan lansia  karena ditangani oleh orang yang tepat. Namun, meskipun begitu, kamu perlu mengecek track record dari perawat yang nantinya akan ditugaskan untuk merawat lansia.

2.      Lansia mudah melakukan kegiatan sehari-hari

Aktivitas yang dimaksud disini adalah makan, pergi ke toilet, mandi, dan lain sebagainya yang serupa. Nantinya perawat yang bertugas akan membantu lansia untuk melakukan hal tersebut semuanya. Dengan begitu, lansia akan jauh lebih mudah melakukannya dengan nyaman. Bahkan jika lansia, memiliki keterbatasan fisik, tenaga profesional tersebut tidak akan ragu untuk membantunya.

3.      Kondisi kesehatan lansia dapat terpantau

Seorang perawat yang bertanggung jawab menjaga lansia, memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Baik itu, suhu tubuh, tekanan darah, maupun tanda vital lainnya. Bahkan mereka kan memantau sekecil apapun perubahan yang terjadi pada lansia.

Lalu nantinya, jika dibutuhkan hal tersebut akan dilaporkan kepada dokter untuk dapat memutuskan tindakan  tepat seperti apa yang perlu dilakukan pada lansia. Hal ini karena perawat tidak dapat melakukan diagnosa, sehingga perlu konsultasi dengan dokter. Kemudian baru dapat melakukan tindakan berdasarkan instruksi dari dokter.

4.      Mengatur jadwal lansia

Pengaturan jadwal ini sebenarnya meliputi berbagai aspek. Dari ia minum obat (jika memang perlu) sesuai resep dokter, jadwal makan,  terapi, dan lain sebagainya. Jadwal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan lansia.

Pasalnya, jika tidak dijadwalkan, malah akan membuat semuanya tidak terasa bahkan dapat membahayakan kondisi lansia. Sehingga sangat penting untuk menyampaikan informasi secara rinci mengenai kesehatan lansia kepada perawat yang akan bertugas nantinya. Dengan begitu, perawat akan lebih mudah melakukan tugasnya.

5.      Lansia mendapatkan dukungan psikologis

Orang yang akn merawat lansia pun memiliki tanggung jawab untuk memberikan dukungan secara psikologis kepada orang yang dirawatnya dengan baik. Sehingga lansia tidak merasa bahwa ia sendirian atau ditinggalkan  Seperti halnya, menenangkan lansia saat bercerita, membantu mereka saat stress, perasaan kesepian, maupun kesepian yang kerap dialami oleh orang lanjut usia.

Bahkan perawat pun perlu kemampuan untuk menghibur para lansia  Pasalnya, jika perasaan-perasaan atau kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, maka akan menjadi boomerang. Bahkan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan lansia secara fisik.

6.      Pencegahan maupun penanganan kondisi kritis

Ketika lansia ditangani atau dirawat oleh orang yang memiliki keterampilan kemampuan yang mumpuni, maka saat kondisi tertentu ia dapat menanganinya dengan baik. Hal ini karena mereka sudah terlatih untuk mengenali tanda-tanda bahaya maupun cara dalam menanganinya dengan baik.

Kemampuan tersebut, tentunya membantu lansia terhindari dari kondisi kesehatan yang tidak stabil atau pun cedera serius.

Manfaat menggunakan jasa perawat lansia memang terbilang cukup banyak. Adapun diantaranya adalah kondisi kesehatan lansia dapat terpantau, mendapatkankan perawatan dari tenaga profesional, dan lain sebagainya. Kamu pun dapat menyesuaikan layanan sesuai dengan kebutuhan karena ada yang menyediakan layanan untuk part time dan full time.