June 15, 2024
Mata merah.| Unsplash.com

Mata merah.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Mata merah membuat aktivitas akan terganggu karena sering menimbulkan mata perih atau tidak nyaman. Sehingga penting untuk segera mengatasinya, baik dengan menggunakan obat tetes mata maupun mengompresnya. Selain itu, pastikan pula untuk tidak mengeceknya dan bagi perempuan hindari menggunakan riasan mata pada saat kondisi seperti ini.

Penyebab Mata Merah

Mata merah ini bisa saja terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, di beberapa kasus ketika mata merah, penglihatan menjadi tidak terlalu nyaman. Untuk menemukan cara mengatasinya yang tepat, yuk simak penyebab dari kondisi ini sendiri.

1.      Reaksi Alergi

Ketika mengalami alergi, maka sisitem imun akan meresponnya zat asing atau zat yang menyebabkan alergi dengan cara melepaskan hormon histamin. Dimana hormon tersebut dapat membuat pembuluh darah yang ada di dalam mata membesar. Sehingga, memicu mata menjadi terlihat merah atau kemerahan.

2.      Penyebab Mata Merah: Konjungtivitis

Penyebab selanjutnya yaitu karena konjungtivitis atau istilah lainnya dari infeksi mata. Dimana penyakit ini sendiri memiliki beberapa gejala, salah satunya adalah mata menjadi merah dan hal ini karena konjungtiva yang melindungi bola mata telah terinfeksi.

Baik oleh jamur, bakteri, bahkan oleh virus.  Dimana pada saat konjungtiva meradang maka akan terjadi pembengkakkan pada pembuluh darah mata.

3.      Mata Kering

Mata merah pun dapat disebabkan oleh keadaan dry eye. Dimana ketika mata dalam kondisi seperti ini akan rawan terjadinya iritasi. Sehingga membuat mata menjadi terasa lebih perih dan kemerahan. Sementara penyebab dari mata kering itu sendiri karena  terlalu lama melihat handphone atau laptop dan area mata terkena angin yang kencang.

Selain itu, mata kering pun bisa disediakan oleh kelopak mata yang tidak bisa berkedip secara sempurna. Bahkan dapat juga disebabkan oleh produksi cairan lubrikan mata mengalami penurunan yang disebabkan penuaan.

4.      Glaukoma

Masalah ini sendiri terjadi karena adanya tekanan pada bola mata yang cenderung tinggi. Selain itu, penderita yang mengalami glaukoma akan mengalami kerusakan saraf optic. Sehingga menimbulkan berbagai macam gejala. Salah satunya adalah mata menjadi merah.

Gangguan ini sendiri bisa menjadi lebih serius dan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Sehubung dengan hal tersebut, sebaiknya untuk secepatnya menghubungi dokter untuk segera mengatasi hal tersebut dengan tepat.

5.      Mata Lelah

Ketika mata mengalami kelelahan, maka akan menyebabkan mata menjadi kering. Sehingga menjadikan mata menjadi merah. Salah satu penyebab mata menjadi Lelah karena terlalu lama melihat layar laptop, televisi, maupun handphone.

Dimana ketika mata melihat barang-barang elektronik tersebut karena mata jarang sekali mengedip. Padahal diketahui bahwa ketika mata mengedip membuat mata tetap menjadi lembab sekaligus dapat membersihkan selaput mata. Dengan begitu, mata akan terhindar dari iritasi.

6.      Iritasi yang disebabkan oleh Lensa kontrak dan kosmetik

Selain beberapa penyebab di atas, mata merah pun dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik maupun lensa kontak yang tidak sesuai maupun kadaluarsa. Selain menyebabkan mata menjadi iritasi, menggunakan kedua hal yang tidak sesuai ini, dapat menyebabkan mata menjadi bengkak.

Dengan begitu, cobalah untuk membaca dengan detail terlebih dahulu mengenai kandungan masa expired, dan lain sebagainya sebelum menggunakan kosmetik. Begitupun dengan kontak lensa yang digunakan sesuai dengan kebutuhanmu.

Penyebab mata merah diantaranya adalah karena iritasi penggunaan lensa kontak maupun kosmetik, mata Lelah, Glaukoma, mata kering, mata Lelah, dan alergi. Namun, jika dirasa mata menjadi tidak nyaman bahkan menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya, segeralah melarikan diri ke Dokter. Untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.