July 27, 2024
Kesehatan mental adalah.| Unsplash.com

Kesehatan mental adalah.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Kesehatan mental adalah sebuah hal yang perlu dijaga dengan baik. Pasalnya, jika tidak dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan. Seperti halnya gangguan serangan panik, depresi, bipolar, dan lain sebagainya.

Menurut WHO sendiri, ciri-ciri orang memiliki kesehatan mental yang sehat itu beberapa. Diantaranya adalah mampu mengatasi tekanan hidup dan mampu bekerja secara produktif. Tidak hanya itu saja, tetapi juga mampu berkontribusi bagi masyarakat dan menyadari potensi yang ada dalam dirinya.

 Kesehatan Mental Adalah Sebagai Berikut

Kesehatan mental merupakan kondisi yang meliputi psikologi, emosional, maupun sosial individu. Sehingga tidak mengherankan apabila hal tersebut mempengaruhi bagaimana individu bertindak, merasakan, maupun berpikir dalam kehidupannya sehari-hari.

Apabila kesehatan mental nya dalam kondisi baik. Maka akan membantunya dalam menangani stress maupun masalah. Bahkan memiliki manajemen konflik yang sangat baik  dan mampu membuat pilihan secara matang. Tentu hal tersebut berbanding terbalik, jika kesehatan mental dalam kondisi yang buruk.

Sehingga jika kamu merasa mengalami kondisi tersebut. Cobalah untuk mencari tahu penyebab dari hal tersebut. Supaya nantinya bisa mengetahui solusinya. Namun, jika mengalami kesulitan sebaiknya kunjungi tenaga ahli yang bisa kamu percaya.

Kesehatan Mental Adalah: Tanda Dalam Kondisi Baik

Ada beberapa tanda yang bisa kamu kenali, jika kondisi mental baik. Apabila berdasarkan pendapatan WHO. Adapun tanda-tandanya seperti mampu menjalin hubungan sosial dengan baik, rakitis, tidak iri hari, mampu bersyukur, percaya diri, dan sebagainya. Untuk tanda lainnya, silahkan baca uraian berikut ini!

1.      Merasa berharga

Terdapat beberapa alasan mengapa seseorang merasa dirinya tidak berharga. Sehingga ia cenderung tidak percaya diri dan berlarut-larut dalam kesedihan. Sehingga merugikan dirinya sendiri. Nah, hal tersebut tidak terjadi pada seseorang yang mengalami mental yang baik.

Kamu akan senantiasa merasa dirimu sangat berharga dan tidak hampa. Selain itu, salah satu bentuk kamu sudah merasa berharga adalah mampu menghormati dan menghargai orang lain. Bahkan kamu pun berpikir terlebih dahulu saat melakukan apapun. Kamu akan selalu mempertimngakan setiap keputusan. Apakah ini baik atau tidak untuk dirimu dimasa mendatang.

2.      Memiliki tanggung jawab dan menyadari prioritas

Apakah kamu merasa enjoy saat menjalani kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai dan bertanggung jawab atas apapun keputusanmu? Jika iya, bisa saja itu merupakan tanda bahwa kesehatanmu dalam kondisi yang baik.

Selain itu, kamu pun merasa memahami apa yang menjadi prioritasmu dalam hidup. Sehingga hal ini membantumu dalam menyelesaikan masalah maupun pekerjaan dengan efisien. Tanpa membuatmu kewalahan di masa mendatang.

3.      Memiliki keberanian untuk menolak suatu hal

Banyak orang yang mengalami penderitaan karena ketidakmampuannya dalam menolak suatu hal. Baik itu karena perasaan takut maupun tidak enak pada orang yang meminta. Namun, bagi yang memiliki kesehatan mental yang sehat, kamu mampu menolak hal tersebut. Tentunya, dengan cara yang baik pula. Selain itu, kamu pun sangat menghargai hal-hal yang berkaitan dengan privasi.

4.      Mampu mengambil pelajaran yang diperoleh dari pengalaman

Tanda selanjutnya yaitu kamu mampu menerima jatuh bangun yang dialami. Dibandingkan hanya menyalahkan keadaan maupun diri sendiri, kamu akan lebih memilih mengambil pelajaran dari hal tersebut. Sehingga tidak berlarut jika mengalami kejatuhan dan tidak terlalu terlena saat kehidupanmu berada di atas.

5.    Mampu menerima berbagai macam perasaan

Setiap manusia memiliki emosi maupun perasaan, bukan? Selain itu, hal tersebut bisa saja berubah-ubah karena kehidupan tidak statis melainkan dinamis. Bagi orang-orang yang memiliki kesehatan mental yang baik, makai a mampu menerima setiap emosi yang dirasakannya.

Baik itu, sedih, kecewa, marah, bahagian, dan lain sebagianya. Meskipun nantinya ia mengalami kesedihan maupun kekecewaan, kamu tidak akan berlarut-larut dalam perasaannya tersebut. Sehingga tidak heran, apabila kamu bisa mengendalikan perasan maupun emosi dengan baik.

Kesehatan mental adalah sebuah kondisi psikis seseorang. Dimana hal tersebut meliputi emosi, perasaan, maupun keadaan sosial seseorang. Salah satu tanda bahwa kamu memiliki kondisi mental yang baik adalah berani menolak sesuatu.

Tidak hanya itu, kamu pun mampu mengambil pembelajaran dari pengalaman, menerima perasan, dan sebagainya.  Sehingga sangat penting untuk melakukan konsultasi dengan tenaga ahli jika dirasa mental mu terganggu.