June 13, 2024
Fakta Batam.| Unsplash.com

Fakta Batam.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Batam merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia  dan menjadi kota terbesar yang ada di pulau Riau. Daerah ini pun terkenal dengan barang-barang yang lumayan miring dibandingkan dengan kota-kota lain, jika menyangkut produk import. Hal tersebut karena lokasinya memang dekat dengan pelabuhan.

Fakta Batam

Ada beberapa fakta menarik mengenai Batam yang perlu kamu ketahui mengenai kota ini. Sehingga kamu dapat mengenal lebih dalam mengenai kota-kota yang ada di Indonesia. Untuk lebih jauh, simak ulasan berikut ini yuk!

1.      Pulau Dengan Penduduk Multikultural

Kota ini pun dikenal  memiliki populasi yang beragam dengan penduduk yang berasal dari berbagai suku, agama, dan budaya. Adapun mayoritas penduduknya adalah  Etnis Melayu, Tionghoa, dan masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Keanekaragaman ini mencerminkan budaya yang kaya di Batam. Kendati demikian, penduduk yang tinggal di wilayah ini memiliki tingkat toleransi yang tinggi sehingga dapat saling menghormati satu sama lain.

2.      Fakta Batam: Zona Perdagangan Bebas

Daerah ini merupakan salah satu dari tiga kawasan perdagangan bebas di Indonesia, bersama dengan Bintan dan Karimun. Status ini memberikan insentif ekonomi bagi investasi dan perdagangan, serta menarik banyak perusahaan manufaktur, perusahaan teknologi, dan industri lainnya ke kawasan ini.

Hal ini berlangsung sejak tahun 1971 dan berkat hal tersebut kota ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat. Tidak hanya itu saja, kota ini pun menjadi pusat industri, perdagangan, dan pariwisata di wilayah tersebut. Sehingga tidak heran apabila pertumbuhan ekonomi yang  terjadi di kota ini terbilang cepat. Bahkan telah menghasilkan banyak lapangan kerja, baik bagi penduduk setempat maupun pendatang.

3.      Kawasan Industri

Tidak hanya kota-kota besar yang ada di pulau Jawa saja yang terkenal dengan Kawasan industrinya yang luas. Akan tetapi, wilaya ini pun terkenal dengan beberapa industri yang terbilang cukup luas cakupannya.

Adapun contoh dari industri yang ada di kota ini diantaranya adalah  Batamindo Industrial Park, Batamindo Muka Kuning Industrial Estate, Batam Industrial Park, dan lain sebagainya. Maka tidak heran apabila kawasan ini  memiliki daya  tarik bagi perusahaan manufaktur dan perakitan untuk berinvestasi di daerah ini.

4.     Fakta Batam:  Pusat Wisata Alam dan Perdagangan

Kota ini pun dikenal dengan akses yang mudah, baik Singapura maupun Malaysia dengan menggunakan kapal feri. Bahkan kota ini pun memiliki pelabuhan feri internasional yang berada di Sekupang, Harbour Bay, dan Batam Centre. Dimana pelabuhan tersebut melayani perjalanan antara Batam, Johor Bahru, Singapura. Hal tersebut pun menjadikan kota ini mudah untuk dikunjungi oleh para pelancong atau yang memiliki kepentingan bisnis, bukan?

Hal tersebut didukung oleh adanya Kawasan Nagoya yang merupakan pusat kegiatan bisnis dan perdagangan di Batam. Adapun untuk Kawasan wisatanya terletak di Nongsa dan Sekupang. Dimana daerah tersebut terdapat resor pantai dan lapangan golf yang indah. Dengan begitu, para wisatawan dapat menikmati keindahan alam, pantai, dan kegiatan air di Batam.

5. Terdapat Jembatan Penghubung antar pulau

Batam pun terkenal dengan jembatan yang terbilang cukup banyak bahkan ada yang dapat menghubungkan satu pulau dengan pulau lain. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut

  • Jembatan Tengku Fisabilillah

Jembatan ini merupakan pertama dalam rangkaian Barelang. Adapun panjang dari jembatan gantung ini yaitu sekitar 642 meter. Dimana ini  menghubungkan Batam dengan Rempang.

  • Jembatan Rempang

Jembatan ini dapat menghubungkan pulau Rempang dengan pulau Galang I. Selain itu, jembatan gantung ini pun memiliki panjang sekitar 365 meter.

  • Jembatan Galang I

Jembatan ketiga dalam rangkaian Barelang. Jembatan gantung dengan panjang sekitar 365 meter yang menghubungkan pulau Galang I dengan pulau Galang II.

  • Jembatan Galang II

Jembatan selanjutnya yaitu  jembatan tol dan memiliki panjang sekitar 420 meter.  Untuk jembatan ini sendiri menjadi penghubung antara pulau Galang II dengan pulau Galang III.

  • Jembatan Galang III

Untuk penghubung pulau Galang III dengan pulau Tonton ada namanya jembatan galang III. Selain itu, panjang sendiri berkisar sekitar 365 mete.

  • Jembatan Tonton

Jembatan ini menghubungkan Tonton dengan pulau Nipah. Adapun panjangnya sekitar kurang lebih 350 meter.

Fakta menarik Batam diantaranya adalah memiliki wisata alam dan perdagangan, kawasan industri, zona perdagangan bebas, dan penduduknya yang multikultural. Selain itu, kota ini pun terkenal dengan jembatan penghubung antar pulau pusat. Seperti halnya Jembatan galang III, Jembatan Tonton, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan informasi penting lainnya, kamu dapat mengunjungi ICRP Online.