June 13, 2024
Universitas terbaik di Jawa Tengah.| Unsplash.com

Universitas terbaik di Jawa Tengah.| Unsplash.com

Bloomington Chirtian- Universitas di setiap daerah memiliki program studi dan misi yang berbeda.-beda. Selain itu, tidak semua kampus menerima akreditas yang bagus dari BAN PT. Dengan begitu, tidak heran apabila banyak orang yang mencari kampus terbaik untuk melanjutkan studi mereka.

Biasanya, lembaga pendidikan tersebut memiliki segudang prestasi, fasilitas belajar yang mendukung,dan sebagainya. Sehingga dapat dikatakan bahwa penilaian BAN PT akan mencakup segala aspek.

Rekomendasi Universitas terbaik yang ada di Jawa Tengah

Jawa tengah merupakan bagian wilayah yang ada di Pulau Jawa dan disana pun terdapat berbagai macam kampus dengan menawarkan berbagai program studi. Nah jika kamu berencana kuliah di kampus yang berada di Jateng, maka inilah beberapa rekomendasi universita terbaik!

1.      Universitas Diponegoro

Kampus ini menjadi salah satu universitas besar yang ada di Jawa Tengah. Menurut sejarah, kampus ini berdiri tanggal 9 Januari 1957 dan  Namanya sendiri diambil dari nama pahlawan Indonesia. Dimana namya tersebut adalah Thomas Karsten Maseng yang kemudian banyak dikenal sebagai Diponegoro.  Kampus ini memiliki telah terakreditasi baik oleh BAN PT.

Untuk jurusannya sendiri yaitu ilmu sosial dan politik, ilmu ekonomi, ilmu hukum, ilmu keguruan dan pendidikan, ilmu keperawatan, dan  teknik. Tidak hanya itu saja, ada pula ilmu matematika dan alam, serta ilmu kelautan dan perikanan, dan lain sebagainya.

2.      Universitas Gadjah Mada

Perguruan tinggi selanjutnya yaitu UGM dan terkenal dengan reputasinya yang baik. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang memiliki keinginan untuk masuk ke universitas ini. Perlu kamu ketahui bahwa kampus ini berdiri pada 19 desember 1949, lebih tepatnya 4 tahun setelah kemerdekaan RI.

Bahkan universitas ini merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan setelah kemerdekaan Indonesia. Adapun alasan di balik Namanya sendiri yaitu diambil dari pahlawan nasional yang berasal dari kerajaan Majapahit. Saat kamu memutuskan untuk kuliah di sini, maka ada beberapa program studi yang dapat kamu ambil.

Adapun diantaranya adalah Ilmu  sosial dan politik, ilmu ekonomi dan bisnis, ilmu hukum, kedokteran,dan teknik. Ada pula jurusan ilmu pertanian, ilmu komputer, seni dan sastra, dan lain sebagainya.

3.      Universitas Negeri Semarang

Kampus ini berada di daerah Semarang dan berdiri pada tahun 165, lebih tepatnya tanggal 9 Agustus. Dahulunya, kampus ini memiliki nama lain yaitu IKIP Semarang atau dikenal dengan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang. Namun, hal tersebut berubah pada tahun 1999 berubah dan diganti menjadi Universita Negeri Semarang.

Meskipun begitu, kampus ini tetap memiliki memiliki tujuan untuk melahirkan tenaga pendidik yang bermutu. Jika kamu tertarik untuk masuk ke perguruan tinggi ini, maka dapat mengambil program studi pendidikan, sastra, bahasa, seni, dan ilmu sosial.

Selain itu, ada pula matematika, ilmu alam, kedokteran, dan lain-lain sebagainya. Tidak hanya itu, kampus ini memiliki beberapa fasilitas untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswanya. Adapun diantaranya adalah laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga, sampai dengan asrama untuk para mahasiswanya.

4.      Universitas Jenderal Soedirman

Kampus ini berada di daerah Purwokerto dan sudah ada sejak tahun 1963, tepatnya pada tanggal 23 September. Namun, pada saat itu kampus ini lebih dikenal dengan nama Akademi Pertanian Jenderal; Soedirman. Akan tetapi, pada 1981 susu dari kampus ini berubah menjadi universitas Jenderal Soedirman. Adapun penamaan dari universitasnya berasal dari seorang pahlawan Nasional yang bernama Jendral Soedirman.

Dimana beliau merupakan salah satu tokoh dari Revolusi Nasional Indonesia. Untuk program studi yang tersedia yaitu jurusan ilmu, seperti pertanian, kehutanan, teknik, kedokteran, ekonomi, hukum, ilmu sosial dan politik, ilmu budaya dan seni, dan sebagainya.  Kampus ini pun aktif dalam berbagai penelitian dan memiliki beragam pusat penelitian. Dimana ahl terseru berfokus pada bidang pertanian, kehutanan, lingkungan, kesehatan, dan lain-lain.

5.      Universitas Sebelas Maret

Kampus yang berdiri 11 Maret 1976 ini, berada di Surakarta Jawa Tengah.  Selain kampus di atas, perguruan tinggi ini pun telah diakui sebagai salah satu universitas terkemuka yang ada di Jateng.

Kampus ini menawarkan berbagai jenjang untuk para mahasiswanya, dari mulai S1 sampai dengan S3. Untuk bidang studi yang ditawarkan oleh kampus ini diantaranya adalah sosial dan politik, hukum, teknik, kedokteran, ilmu keperawatan, ekonomi, sastra, pendidikan, pertanian, dan lain-lain.
Kamu pun dapat membaca informasi lainnya mengenai hal menari dengan mengunjungi ICRP.Online