June 13, 2024
Prospek kerja lulusan manajemen bisnis.| Unsplash.com

Prospek kerja lulusan manajemen bisnis.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Manajemen bisnis adalah sebuah studi yang mempelajari pengerjaan, perencanaan, maupun pengawasan terhadap sebuah bisnis atau usaha yang dijalankan. Dengan begitu, keilmuan dalam bidang ini pun dibutuhkan untuk menunjang keberlangsungan jalannya sebuah bisnis.

Prospek Kerja Para Lulusan Manajemen Bisnis

Setelah lulus dari universitas, kamu dapat mencoba beberapa peluang pekerjaan untuk mengimplementasikan ilmu yang kamu pelajari. Adapun prospek pekerjaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

1.      Business Development

Profesi ini banyak diminati oleh banyak orang karena memiliki peluang karir yang bagus untuk kedepannya. Bahkan menurut Forbes, profesi ini menjadi sebuah proses dalam menciptakan nilai yang berjangka panjang untuk perusahaan. Baik melalui pasar, pelanggan, maupun relasi bisnis.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa seorang yang bekerja dengan profesi ini memiliki tanggung jawab untuk menciptakan sebuah strategi supaya bisnis yang dijalan dapat berekmab dengan baik. Adapun beberapa tanggung jawabnya adalah riset pasar,  mencari peluang konsumen baru, menjaga relasi antar klien maupun konsumen, melainkan rise perkembangan secara berkala, dan sebagainya.

2.      Marketing Executive

Apakah kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran? Jika iya, maka salah satu profesi satu ini tidak ada salah kamu coba. Hal ini pun ditunjang oleh konsentrasi yang kamu ambil sewaktu kuliah. Dimana kamu mempelajari dasar-dasar marketing yang tentunya dapat membantumu dalam bekerja.  Selain itu, profesi ini merupakan induk dari seluruh kegiatan marketing dari perusahaan.

Adapun fokusnya sendiri yaitu sebisa mungkin untuk memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang dijalankan. Nantinya, strategi tersebut akan dijalan oleh tim bagian marketing lainya. Seperti halany social media marketing, digital marketing, dan content marketing.

3.      Entrepreneur

Setelah lulus, jika kamu tidak terlalu menyukai untuk bekerja dengan orang lain maka dapat langsung terjun ke dalam dunia usaha. Tentunya dengan bekal pengalaman selama magang, keilmuan dalam bidang manajemen, marketing, dan bisnis dapat membantu untuk menjalankan usahamu, bukan? Sehingga jangan pernah ragu untuk mencoba dan menerapkan keilmuan yang telah kamu dapatkan sewaktu di bangku kuliah.

4.      Project Manager

Profesi ini memiliki tanggung jawab terhadap pelaksanaan, perencanaan, pemantauan, pengendalian, sampai dengan penyelesaian proyek. Bahkan beberapa tahun kebelakang, profesi ini ditangkap menjanjikan bagi beberapa orang.  Seiring berjalannya waktu, kebutuhan terhadap profesi ini pun terus meningkat.

5.      Risk Manager

Profesi ini memiliki peran yang sangat penting mengenai pengambilan keputusan yang diambil perusahaan dalam setiap momen. Mengingat setiap keputusan pasti memiliki resiko yang berkaitan mengenai keselamatan, keamanan, dan keuangan.

Untuk meminimalisir resiko tersebut, maka sebuah perusahaan membutuhkan manajemen risiko. Nantinya, jika kamu tertarik untuk menempati posisi ini, maka kamu perlu menyiapkan rencana dan mencari cara untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi.  Sehingga kamu pun perlu memiliki kemampuan dalam problem solving, analisa yang tajam, dan lain sebagainya.

Rekomendasi kampus Jurusan Manajemen Bisnis

Apabila kamu tertarik terhadap studi ini dan ingin mempelajarinya lebih jauh, maka inilah beberapa rekomendasi kampus terbaik untuk melanjutkan studi. Diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, ITB,  dan Binus University. Selain itu, ada pula Universitas Diponegoro dan Universitas Brawijaya.

Lulusan manajemen  bisnis memiliki prospek kerja yang terbilang baik. Adapun profesi yang dapat kamu coba diantaranya adalah Business Development, Marketing Executive, Entrepreneur, Project Manager, dan Risk Manager.  Selain itu, kamu pun dapat mencoba memilih pekerjaan sesuai dengan minat maupun kemampuan yang kamu miliki. Baca pula infromasi menarik lainnya di ICRP Online.