June 15, 2024
Ide bisnis untuk ibu rumah tangga.| Unsplash.com

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga.| Unsplash.com

Bloomington Chiristian- Ada beberapa pilihan ide bisnis untuk para ibu rumah tangga, terutama bagi para ibu-ibu yang memiliki rencana untuk menambah pemasukan.  Selain itu, bisnis ini pun dapat dilakukan di rumah tanpa perlu menyewa kios atau toko.

Ide bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Sebelum memulai bisnis, cobalah untuk memikirkan terlebih dahulu mengenai target market dari produk Bunda. Hal ini berguna untuk menyiapkan produk lebih matang, baik dari segi harga, ukuran, bahkan sampai variasi produk itu sendiri. Misalnya, jika targetnya adalah anak- anak sekolah maka harga nya pun perlu kurang dari Rp 10.000 per pcs nya.

1.      Usaha Katering

Ide yang satu ini cocok untuk Bunda yang senang sekali memasak dan mengkreasikan berbagai macam lauk setiap harinya. Selain itu, Bunda pun dapat melihat referensi dari internet mengenai makanan yang banyak disukai oleh konsumen. Namun, Bunda tetap perlu memiliki menu sajian sehingga dapat memudahkan para konsumen untuk memesan jenis makanan.

Tidak hanya itu saja, Bunda pun dapat merasakan makanan yang sekiranya sedang populer ke menu spesial. Dimana menu tersebut tidak selalu ada, bisa jadi hanya ada satu kali dalam sebulan atau bahkan dalam 6 bulan. Jika Bunda tertarik, maka dapat memulainya dengan resep andalan dan proses pembuatannya pun cenderung simple.

2.      Kerajinan Tangan

Apakah Bunda termasuk orang yang memiliki skill dalam membuat kerajinan tangan? Jika iya, maka ide usaha ini cocok untuk Bunda coba. Misalnya, Bunda memiliki skill dalam merajut tas atau pakaian, menyulam, membuat lilin aroma terapi, dan lain sebagainya.

Hal ini dapat menjadi ladang pemasukan untukmu. Untuk tampilan dari produk yang hendak Bunda jual dapat disesuaikan dengan selera dari target market. Misalnya jika Bunda menjual aromaterapi dan target marketnya adalah ibu-ibu, maka lilin tersebut memiliki aroma yang kalem dan segar.

3.      Dropshipper

Usaha ini sangat cocok untuk Bunda yang tidak ingin menyetok barang banyak. Hal ini karena Bunda hanya tinggal memposting semua produk melalui sosial media saja. Sehingga Bunda tidak perlu mengurus stok, pengemasan, maupun pengiriman.

Jika pun nanti ada yang pesan maka pihak penjual lah yang akan mengurusnya sampai diterima oleh konsumen. Namun, nantinya dikirim kepada konsumen atas nama Bunda.  Tentu menjalankan bisnis seperti ini cukup menguntungkan, bukan?

4.      Frozen Food

Jika Bunda tidak ingin repot-repot memasak makanan, tetapi ingin berbisnis mengenai kuliner, maka ide usaha ini cocok untuk Bunda jalankan. Pasalnya, bunda hanya perlu menjual makanan yang sudah disiapkan oleh supplier saja.

Namun, Bunda perlu membeli freezer untuk menyimpan produk tetap awet dan terjaga kualitasnya. Untuk awal-awal Bunda dapat membeli freezer dengan ukuran yang kecil dahulu saja. Nanti jika usaha nya sudah berkembang, maka Bunda dapat membeli freezer yang agak besar bahkan menambah peralatan lainnya seperti kulkas.

5.      Bimbingan Belajar

Usaha ini cocok untuk Bunda coba jika memang skill yang dimiliki dalam mengajar. Terutama jika Bunda merupakan lulusan pendidikan, maka ide ini dapat Bunda coba. Untuk bimbingan belajar ini sendiri tidak hanya seputar mengenai akademis saja. Melain mengenai kemampuan atau skill lainnya pun, dapat Bunda sediakan.

Misalnya bimbel bahasa Inggris, melukis, music, renang, masak, dan lain sebagainya. Selain itu, Bund apun dapat menentukan berapa murid yang akan diterima per harinya. Sesuaikan pula hal tersebut dengan kapasitas ruangan di rumah yang Bunda sediakan untuk peserta didik. Dengan begitu, baik Bunda maupun para murid dapat dengan nyaman melalui proses belajarnya.

Beberapa ide bisnis untuk ibu rumah tangga diatas dapat Bunda jadikan bahan referensi tambahan. Selain itu, promosikan kan usaha tersebut melalui sosial media maupun orang-orang terdekat. Dengan begitu, akan ada banyak orang mengetahui hal tersebut bahkan berpeluang melakukan sales.  Kamu pun dapat mencari informasi penting lainnya di ICRP Online.