June 15, 2024
Penyebab Stress.| Unsplash.com

Penyebab Stress.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Stress dapat dialami oleh siapa saja, baik itu anak muda maupun orang dewasa. Hal ini karena setiap orang memiliki tekanan atau masalah hidupnya masing-masing. Lalu apa itu stres? Istilah ini merupakan sebuah reaksi individu terhadap perubahan lingkungan yang mengharuskan seseorang untuk menyesuaikan diri, baik reaksi yang dimunculkan secara fisik maupun emosional.

Penyebab Stress

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang merasa tertekan sehingga ia merasa kesusahan dalam menghadapinya. Adapun diantaranya karena memiliki banyak tekanan, terjadinya perubahan yang cukup besar dalam kehidupannya, dan memiliki rasa cemas berlebihan.

Selain itu, dapat pula disebabkan karena memikul tanggung jawab yang dirasa sangat berat dan dihadapkan oleh ketidakpastian. Tidak hanya itu saja, stress dapat terjadi karena kurangnya produktivitas yang dilakukan karena tidak memiliki kegiatan atau pekerjaan.

Semua semakin menjadi sulit, ketika tekanan dan emosi yang dirasa ditekan dan terus bertumpuk. Paslanya hal tersebut dapat membuat seseorang mengalami kesulitan dalam mengatasi stresnya.

Perawatan Rumahan Dalam Atasi Stres

Apabila kamu merasa tertekan, maka dapat melakukan beberapa hal ini di rumah. Sehingga kamu merasa lega dan timbul perasaan tenang. Untuk lebih mengetahui caranya, simak ulasan berikut ini yuk!

1.      Cerita pada teman

Kamu pun dapat bercerita pada teman dekatmu yang kamu percaya mengenai hal-hal yang terasa sulit kamu hadapi saat ini. Namun, pastikan bahwa dia adalah orang yang tepat untuk kamu bercerita. Pasalnya, banyak teman yang tidak mau peduli dengan masalah temannya bahkan membandingkann kehidupan.

Tidak jarang pula ada beberapa orang malah mengucap bahwa kamu tidak akan bersyukur atas kehidupan ini. Jika begitu, bukannya kamu akan merasa lega, malah menjadi overthinking dan bisa jadi rasa cemasmu pun meningkat.

2.      Mengkonsumsi makanan sehat

Saat sedang mengalami tekanan dan hari terasa berat, maka kamu dapat mengkonsumsi makanan-makan sehat. Seperti halnya kacang mete, yogurt, buahan, dan lain sebagainya. Makanan tersebut merupakan salah satu sumber yang memberikan dorongan energi dan dapat meningkatkan mood. Hal tersebut karena makanan tersebut daoat menurunkan hormon stress dan meningkatkan hormon serotonin (hormon Bahagia).

3.      Gabung komunitas

Kamu juga dapat bergabung dengan beberapa komunitas yang sekiranya sesuai dengan minatmu. Saat kamu melakukan hal yang kamu sukai dan berinteraksi dengan banyak orang, maka kamu pun akan lebih rileks.

Selain itu, disini pun kamu dapat melihat berbagai sudut pandang dari beragam latar belakang. Tidak hanya itu saja, dengan kamu bergabung kelompok dengan minat yang sama maka dapat memperoleh peluang untuk mendapatkan kemampuan baru. Misalnya, kamu mengikuti komunitas bahasa Inggris dan aktif dalam belajar. Maka sedikit banyaknya kemampuan dalam bahasa inggris pun akan meningkat.

4.      Belajar santai

Cobalah untuk bersantai sejenak dengan melakukan relaksasi seperti halnya yoga, meditasi, atau mendengarkan music relaksasi. Hal ini akan memicu tubuh untuk merasakan hangat dan pikiran menjadi tenang.

5.      Olahraga rutin

Tidak hanya dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar, olahraga pun dapat membantumu untuk meredakan stress. Hal ini karena kegiatan ini dapat membantu tubuh untuk melepaskan endorfin. Dimana zat tersebut merupakan bahan kimia yang ada pada otak untuk  membuat susa hati menjadi lebih baik. Seperti halnya perasaan positif, gembira, dan lain sebagainya.

6.      Istirahat cukup

Memiliki Waktu tidur atau istirahat yang cukup ternyata dapat membantu untuk meminimalisir stress. Selain itu, dengan hal ini dapat mencegah tubuh maupun pikiran menjadi tidak mudah tertekan.

Maka, jika kamu mengalami tekanan dan jam tidur kurang, maka tubuh akan semakin kewalahan dalam mempertahankan diri dari serangan berbagai hal. Seperti cemas yang berlebihan dan sebagainya.

Stress memang dapat menyerang siapa saja tanpa mempehatikan usia maupun latar belakang. Saat hal tersebut kamu rasakan, maka dapat mencoba beberapa cara dalam mengatasi stress di atas. Akan tetapi, jika kamu merasa sulit untuk menanganinya sendiri, maka jangan ragu untuk menghubungi tenaga ahli terdekat.