July 19, 2024
Pekerjaan Admin.| Unsplash.com

Pekerjaan Admin.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Pekerjaan admin menjadi salah satu impian bagi siapa saja yang menyukai hal-hal yang bersifat administratif.  Nantinya, kamu akan mengelola administrasi dari sebuah perusahaan maupun lembaga. Kamu juga akan bertanggung jawab  untuk meng-input, proses, pengelolaan, sampai dengan evaluasi data yang nantinya akan dituangkan dalam sebuah laporan.

Tugas Pekerjaan Admin Secara Umum

Profesi admin sebenarnya beragam, ada yang berfokus terhadap stock gudang, hotel, marketing, dan lain sebagainya. Sehingga ada beberapa jobdesk yang berbeda, tetapi secara umum terdapat persamaan. Adapun untuk lebih jauh, yuk simak ulasan berikut ini!

1.      Merekap Data

Setiap  divisi dalam perusahaan pasti memiliki berbagai data penting yang perlu dikelola dengan baik. Nah inilah yang menjadi tugas para admin untuk merekam semua data yang masuk ke dalam divisi mereka.  Baik melalui emai, paltform perusahan, WhatsApp Bisnis, dan lain sebagainya. Nantinya, hasil dari data tersebut akan dibuat untuk laporan kerja sehingga mudah dipahami oleh pihak terkait.

2.      Menjadwalkan

Seorang admin  pun perlu memiliki kemampuan dalam perencanaan yang baik. Pasalnya, mereka bertugas untuk menyusun penjadwalan. Sehingga semua kegiatan yang menjadi tanggung jawab divisi dapat dilakukan dengan baik.

Seperti menjadwalkan pertemuan bisnis dan bertanggung jawab dalam mengatur untuk pertemuan tersebut. Dari mulai komunikasi untuk mendapatkan kesepakatan, persiapan menyambut, memberikan arahan, dan lain sebagainya.

3.      Mengarsipkan Data

Setelah merak datan,seseorang admin pu  bertanggung jawab untuk mengarsipkan data tersebut.  Kamu dapat mengubah datanya dalam excel, PDF, ataupun sebagainya. Dengan begitu,data-data penting tersebut dapat aman.

Arsip harus disimpan dalam berbagai bentuk, dan ini adalah bagian dari tugas administrasi yang harus dijalankan dengan baik. Tugas ini harus dilakukan dengan rapi agar data-data dan dokumen bisa terorganisir dengan baik.

4.      Menjadi pengelola dan mengorganisir Administrasi

Jobdesk selanjutnya yaitu melakukan segala hal proses administrasi yang ada di divisinya. Dimana hal tersebut dilakukan secara detail dan hati-hati. Misalnya, menjadi seorang admin gudang, maka kamu perlu mencatat semua barang keluar maupun masuk. Beserta dengan kuantitas, nominal, tanggal, dan lain sebagainya.

Skill Pekerjaan Admin

Setiap pekerjaan, pasti menuntut untuk pekerjanya memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Nah, hal ini pun berlaku dalam profesi admin dan jika kamu ingin terjun dalam bidang ini, setidaknya ada berapa skill yang perlu dikuasai. Adapun skill tersebut antara lain adalah sebagai berikut!

1.      Menguasai Microsoft Office

Penguasaan terhadap software satu ini sepertinya wajib, mengingat semua pekerjaan administratif menggunakan tool ini. Selain itu, dengan menggunakan perangkat lunak ini, pekerjaan-pekerjaan admin menjadi lebih mudah untuk dikerjakan.

Sehingga penting untuk menguasai Microsoft word, excel, maupun PPT. Jika kamu merasa kemampuanmu dalam bidang ini masih kurang, cobalah untuk mempelajarinya mulai sekarang. Ada banyak tutor gratis yang bisa diikuti, tetapi untuk lebih leluasa ada pula yang berbayar.

2.      Memiliki inisiatif yang tinggi

Seorang yang melakukan pekerjaan admin diminta untuk memiliki inisiatif yang tinggi dalam pengelolaan hal yang bersifat administratif. Hal ini dibutuhkan dalam penyortiran persiapan barang yang ada di gudang dan penangan dalam masalah pendataan.

Dengan inisiatif tinggi memungkinkan kamu untuk dapat langsung mencari tahu akar permasalahannya apa dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.  Dengan begitu, tugasmu dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

3.      Komunikatif

Kamu pun perlu memiliki komunikasi yang lancar, sehingga pihak eksternal yang bersangkutan dan pihak internal dapat memahami data yang nantinya kamu tulis dalam laporan. Keterampilan ini sendiri digunakan dalam menulis email sampai dengan  data yang telah dikelola.

Selain itu, keterampilan ini dibutuhkan pemula untuk membuat pesan untuk berbagai format untuk kepentingan pekerjaan. Sehingga orang yang membacanya, dapat mudah memahami isi dari data maupun pesan tersebut.

Pekerjaan admin memang terkesan itu-itu saja, tetapi banyak hal yang perlu dikerjakan secara mendetail. Sehingga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena membutuhkan kesabaran dan kefokusan yang cukup tinggi. Untuk menjadi seorang admin, pahamilah setiap jobdesk yang akan kamu persiapkan dari mulai sekarang dan terus lah latih kemampuanmu tersebut.