June 15, 2024
Design Rumah Minimalis.| Unsplash.com

Design Rumah Minimalis.| Unsplash.com

Bloomington Chirstian- Design rumah menjadi salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun rumah. Hal ini karena akan mempengaruhi suasana maupun kenyamanan dari rumah itu sendiri. Tidak dipungkuri, memang setiap orang memiliki desain ideal atau favorit masing-masing. Salah satu desain yang sedang banyak digemari  pada era modern ini yaitu desain minimalis.

Rekomendasi Design Rumah Minimalis

Ada beberapa macam desain yang dapat kamu jadikan bahan referensi untuk hunian impianmu. Rancangan ini tentunya cocok untuk kamu yang menekankan desaian rumah yang memiliki nilai fungsional sekaligus keindahan. Untuk rekomendasinya sendiri adalah sebagai berikut!

1.       Desain The Twins

Rumah seperti ini terdiri dari dua bangunan yang digabung dan biasanya diisi oleh keluarga besar. Bahkan meskipun lahan yang ada tidak terlalu luas, menggunakan desain ini akan memaksimalkan setiap jengkal yang ada di area tersebut. Ciri khas dari rancangan rumah ini sendiri yaitu terletak dari dindingnya sendiri yang dibiarkan tanpa finishing.

2.      Nuansa Modern Tropis

Apakah kamu memiliki mimpi untuk membangun rumah dengan desain yang unik, tetapi hanya menghabiskan anggaran tidak terlalu banyak? Jika iya, maka ini merupakan salah satu rancangan rumah yang tepat untuk dicoba. Hal ini karena desain seperti ini hanya akan memaksimalkan setiap fungsi yang ada di dalam ruangan rumah tersebut.

Dengan begitu, tidak ada satupun area atau ruangan yang tidak digunakan. Dari mulai loteng rumah sampai dengan space-space lainnya. Kamu pun dapat dengan mudah membedakannya dengan desain lainnya karena rancangan rumah ini biasanya penggunaan atap pelana. Tidak hanya itu saja, atap dari desain ini cocok untuk digunakan di wilayah yang memiliki iklim tropis seperti halnya Indonesia.

3.      The Guild

Desain rumah selanjutnya memang terlihat agak berbeda dengan yang lainnya, pasalnya ditampilkan dengan visualisasi yang indah sekaligus unik. Tidak hanya itu, desain rumah ini akan napak kokoh.

Menurut beberapa sumber, jenis desain seperti ini cocok untuk dijadikan sebuah hunian bagi para kaum introvert. Hal ini karena orang asing tidak bisa bebas masuk ke dalam rumah maupun mengintip.

4.      Desain Dengan Container

Desain rumah ini cenderung unik karena menggunakan container untuk sebagian ruangan. Sehingga tampilan eksterior dari rumah tersebut terlihat unik sekaligus menarik.  Selain itu, kamu pun akan merasakan tampilan yang berbeda dengan interiornya. Bagaimana tertarik untuk mencoba rancangan ini?

5.      UR House

Rancangan ini cocok untuk digunakan di lahan dengan kontur tanah yang tinggi. Selain itu, dan ini pun mampu untuk mengoptimalkan cahaya yang dapat masuk ke dalam ruangan. Sehingga tampilan di dalam rumah tidak akan sumpek.

Tidak hanya itu saja, biasanya UR House juga memiliki balkon terbuka untuk memaksimalkan ruangan. Dimana space tersebut dapat digunakan untuk santai, membaca buku, atau sekedar mengobrol dengan anggota keluarga yang lainnya.

6.      Design Rumah Jepang Dengan Gaya Modern

Apakah kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan gaya modern, tetapi memiliki keinginan untuk membangun rumah minimalis? Maka desain satu ini wajib kamu coba. Hal ini karena rancangan dari desain ini kusendiri menambahkan beberapa unsur elemen arsitektur.

Seperti halnya terdapat elemen dari budaya Zen yang memberikan kesan dekat dengan alam, menggunakan tatami (tikar), dan sebagainya. Rancangan rumah ini pun menggunakan prinsip wabi sabi yang membuat tampilan rumahmu memiliki gaya jepang. Sehingga terlihat lebih nyaman dan simple.

Desain rumah minimalis memang menjadi salah satu opsi terbaik untuk mengoptimalkan lahan yang dimiliki. Selain itu, untuk mengoptimalkan, sebaiknya kamu pun memilih kebutuhan interior seperlunya saja. Adapun untuk merancang desain secara kasar dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat di instal di handphone maupun laptop.