July 19, 2024
Bank Negara Indonesia.| Unsplash.com

Bank Negara Indonesia.| Unsplash.com

Bloomington Christian- Tahukah kamu apa saja daftar Bank Negara Indonesia? Jika belum, cari tahu disini jawabannya yuk! Dimana dengan mengetahui daftaran ini dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin menabung di bank sesuai pilihan. Sehingga diharapkan mampu untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bank.

Hal ini karena, berkaitan dengan industri perbankan sendiri yang terus mengalami perubahan dalam beberapa kurun waktu ke belakang. Cirinya ada beberapa bank baru bermunculan, selain sebab persaingan perbankan yang tampak semakin gencar mencari nasabah dalam meningkatkan perolehan nilai aset.

Daftar Bank Negara Indonesia

Adapun daftar Bank Negara Indonesia memang terbilang beragam, tetapi hampir semua layanan yang diberikan telah memudahkan para nasabah untuk memnuhi kebutuhannya dalam bidang terkait. terutama dengan adanya teknologi yang semakin kesini digunakn untuk bebrgai sektor, termasuk bank. Seperti hal nya ada aplikasi untuk mentrasfer uang maupun transaksi lainnya.

1. Bank Negara Indonesia:  BRI

Daftar bank negara yang merupakan milik BUMN pertama dalam pembahasan kali ini adalah BRI. Bank Rakyat Indonesia saat ini masih menjadi salah satu perbankan Indonesia dengan nilai aset terbesar dengan pendapatan tercatat mencapai Rp 1.411,05 triliun. Terhitung laporan neraca keuangan dari Bank Rakyat Indonesia sendiri beraset Rp 1.411,05 triliun liabilitas Rp1.216,29 triliun dan ekuitas Rp191,62 triliun.

2. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri, Tbk atau BMRI merupakan perusahaan di bidang perbankan kedua yang menjadi milik negara dengan nilai aset tertinggi setelah BRI. Kepemilikan aset Bank Mandiri tercatat sebesar Rp1.548,07 triliun dengan laporan neraca keuangan liabilitas Rp1.386,54 triliun dan ekuitas Rp181,63 triliun.

3. Bank Negara Indonesia: BNI

Bank yang menjadi milik negara Indonesia selanjutnya adalah BNI. PT. Bank Negara Indonesia atau BNI tercatat memiliki total nilai aset sebesar Rp 862,44 triliun. Dimana aset BNI dalam lima tahun terakhir ini terus bertumbuh dengan laporan neraca keuangan aset mencapai Rp 862,44 triliun, liabilitas Rp 744,70 triliun dan ekuitas Rp115,14 triliun.

4. Bank Tabungan Negara atau BTN

PT Bank Tabungan Negara Tbk atau BBTN termasuk salah-satu perbankan milik BUMN dengan produk unggulan yakni Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). BTTN berdasarkan total kepemilikan asetnya sudah sebesar Rp375,73 triliun. Adapun laporan neraca keuangan dari BTN ini memiliki nilai sekitar Rp 375,73 triliun dan untuk liabilitas Rp 356,61 triliun. Sementara untuk ekuitas  dari bank ini berjumlah sekitar Rp19,12 triliun

5. Bank  Negara Indonesia: BSI

PT Bank Syariah Indonesia atau BSI merupakan perusahaan milik negara jenis perbankan yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 1 Februari 2021. BSI sendiri berawal dari penggabungan tiga bank syariah milik pemerintah. Meliputi BRI, Bank Mandiri, dan BNI Syariah dengan laporan neraca keuangan BSI beraset sebesar Rp 234,43 triliun, liabilitas Rp211,93 triliun dan ekuitas Rp22,50 triliun.

Dengan demikian, itulah pembahasan tentang daftar lima bank negara Indonesia yang bisa menjadi pengetahuan umum bagimu, mulai dari Bank BRI, Mandiri, BNI46, BTN, dan BSI. Dimana melalui bank-bank tersebut kamu dapat menggunakan layanan untuk menarik atau mengirim uang bahkan menyimpan tabungan.

Pasalnya kelima Bank milik BUMN ini merupakan perwujudan dari bentuk layanan pemerintah kepada masyarakat di bidang perbankan. Adapun kekurangan dan kelebihan dari masing-masing bank dapat kamu lihat lebih lanjut di halaman website resminya! Semoga bermanfaat